Berita Dinas Pendidikan

Sosialisasi Cagar Budaya dan Nilai-Nilai Budaya di Kabupaten Hulu Sungai Tengah

    2022-11-02 08:52:55 | by Admin Dinas Pendidikan Kab. HS| Sumber : Dinas Pendidikan Kab. HST|

...

“Cagar Budaya merupakan warisan budaya yang memiliki ciri sebagai penanda identitas daerah dan cerminan dari kearifan lokal yang tentunya sarat akan nilai-nilai budaya. Sehingga menjadi hal yang sangat penting untuk disosialisasikan bagi generasi muda,” Hal itu disampaikan Kabid Pembinaan GTK dan Kebudayaan Dinas Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Misran saat menutup gelaran acara Sosialisasi Cagar Budaya dan Nilai-Nilai Budaya di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Rabu (19/10) di SMPN 35 Satu Atap HST.

Menurutnya lagi, dengan majunya teknologi saat ini, tentunya pengaruh budaya luar dengan mudahnya masuk dalam tatanan kehidupan, sehingga sikap selektif sangat diperlukan dalam menyaring semua pengaruh yang berasal dari luar. Generasi muda sangat perlu ditanamkan akan budaya-budaya sendiri.

“Sosialisasi ini juga merupakan bentuk edukasi kepada para siswa guna memperkenalkan cagar budaya yang ada di Kab. HST serta memupuk rasa kecintaan dan kesadaran akan pentingnya melindungi dan memeliharanya,” imbuhnya.

Diterangkan Misran, saat ini Kab. HST memiliki 3 cagar budaya yang saat ini sudah berada dibawah naungan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Kalimantan Timur, dan 19 cagar budaya peringkat Kab. HST. Namun pihaknya saat ini sedang mendata dan menginventaris beberapa obyek yang diduga cagar budaya lainnya.

Sosialisasi cagar budaya yang dilaksanakan dari tanggal 12 sampai dengan tanggal 19 Oktober 2022 ini, diikuti oleh 600 siswa yang dilaksanakan di 10 SMPN yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Bertindak selaku narasumber dalam sosialisasi ini adalah Budayawan HST Rezqie M.A Atmanegara yang menyampaikan materi Pengenalan Cagar Budaya HST, ketua Dewan Kesenian Kab. HST Muhammad Ikhwansyah, RA yang menyampaikan materi Nilai-Nilai dalam Warisan Budaya, pihak Kejaksaan Negeri HST dengan materi Menangkal pengaruh budaya Barat melalui upaya pencegahan bahaya narkoba, serta dari Nanang Galuh Kab. HST yang memperkenalkan seni dan budaya yang ada di Kab. HST.

Berita Covid-19


Beri Komentar