Berita Dinas Pendidikan

Dewan Kesenian Kab. HST Raih Juara 1 lagi

    2022-11-02 09:19:06 | by Admin Dinas Pendidikan Kab. HS| Sumber : Dinas Pendidikan Kab. HST|

...

PELAIHARI (Humas Disdik) – Sastrawan muda berbakat dari Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel), Rezqie MA Atmanegara berhasil menghantarkan Dewan Kesenian (DK) setempat menjuarai lomba Karya Cipta Puisi untuk yang ketujuh kalinya pada gelaran Aruh Sastra Kalimantan Selatan (ASKS).

Pada gelaran Aruh Sastra ke-XIX di Kabupaten Tanah Laut (Tala) yang berlangsung dari 28 hingga 30 Oktober 2022 dengan tema “Meneroka Sastra Menyapa Semesta”, Rizqie MA Atmanegara berhasil meraih gelar Juara Pertama dengan puisi “Ovarium Hikayat Tanah Banjar”.

Ketua Harian DK HST, M Ikhwansyah mengatakan, lomba Karya Cipta Puisi pada ASKS XIX kali ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

”Biasanya, para peserta hanya mengirimkan satu puisi, namun tahun ini puisi yang dikirimkan berbentuk manuskrip yang dipersyaratkan,” katanya.

Hal tersebut, ujarnya, merupakan tantangan yang cukup berat bagi sastrawan HST kerena harus membuat antara 30 hingga 40 halaman puisi.

”Meski tantangannya cukup berat, namun sastrawan kita mampu membuktikan bahwa HST masih yang terbaik selama tujuh tahun berturut-turut di ajang ASKS untuk lomba Karya Cipta Puisi,” ujarnya.

Keberhasilan tersebut, tambahnya, tidak lepas dari perhatian dan dukungan Pemkab HST melalui fasilitas dan bantuan lainnya kepada para sastrawan.

”Keberhasilan ini atas dukungan dan kerja sama semua pihak, Bupati HST, Sekda, Plt Kepala Dinas Pendidikan serta rekan-rekan sastrawan yang telah bekerja keras hingga kembali mengharumkan nama daerah,” tambahnya.

Terpisah, Bupati HST, H Aulia Oktafiandi melalui Plt Kepala Dinas Pendidikan setempat, M Anhar memberikan apresiasi dan rasa bangganya atas prestasi yang berhasil ditorehkan.

”Tentu saja ini adalah prestasi yang sangat membanggakan, dimana sastrawan kita kembali untuk ketujuh kalinya berhasil menorehkan tinta emas dan mengharumkan nama daerah,” katanya.

Menurutnya, prestasi yang berhasil diraih sangat mendukung visi misi Bupati HST di bidang kebudayaan.



”Semoga ke depan akan lebih baik dalam upaya kemajuan kebudayaan di HST,” ujarnya.

Pada gelaran ASKS XIX 2022 kali ini, juga dilakukan seleksi karya cipta puisi non lomba dari para sastrawan se-Kalsel untuk diterbitkan pada Antologi Puisi ASKS XIX 2020 dengan judul “Cakrawala Tuntung Pandang”.

Pada seleksi tersebut, 36 penyair dari HST berhasil lulus seleksi dan merupakan yang terbanyak se-Kalsel.

Berita Covid-19


Beri Komentar